Pemuka Wanita di Surga

▪┈┈◈❂◉❖ ° ❖◉❂◈┈┈▪
Motivasi Salimah

Bunda sholehah, mari mengenal 4 wanita yang menjadi pemuka para wanita di surga. Beliau adalah para wanita-wanita yang mengalami perjuangan hidup yang luarbiasa. Penuh ujian dan tantangan. Namun selalu beriman dan taat kepada Alalh swt.

Rasulullah bersabda,
“Pemuka wanita ahli surga ada empat. Ia adalah Maryam binti Imran, Fatimah binti Rasulullah, Khadijah binti Khuwailid dan Asiyah.” (HR. Hakim dan Muslim).
Keempat wanita tersebut menjadi istimewa, karena memiliki kelebihan dibanding wanita lainnya.

1. Maryam binti Imran

Maryam binti Imran adalah Ibunda dari Nabi Isa AS. Beliau wanita mulia yang senantiasa menjaga kesuciannya. Namun Allah.mengujinya dengan kejadian yang sangat berat. Hamil tanpa tersentuh oleh lelaki. Namun orang mengira ia telah berzina. Karenanya ia dihina dan dicaci maki. Harga dirinya dilecehkan . Iapun dikucilkan masyarakat hingga melahirkan. Hal yang sangat berat dijalani.
Namun, Maryam tetap sabar dan bertakwa kepada Allah SWT. Karena kesucian dan kemuliaannya itulah, Allah SWT mencatatkan namanya sebagai wanita utama di surga.

2. Khadijah binti khuwailid
Khadijah binti khuwailid adalah istri pertama dan Ibu dari anak-anak Rasulullah SAW. Perjuangan Khadijah tak diragukan lagi. Segala hal yang ada padanya menjadi suri tauladan seluruh wanita.  Beliau sangat taat dan patuh kepada suami. Khadijah selalu mendukung perjuangan dakwah Rasulullah. Mendampingi, memotivasi, menjadi tempat curhat yang nyaman, dan istri yang sangat cerdas menempatkan diri dalam segala situasi. Khadijah selalu setia di samping Rasulullah meski berada dalam kondisi sesulit apapun. Ia juga dikenal sebagai perempuan yang sukses berbisnis, namun ia rela menghabiskan seluruh hartanya untuk berdakwah di jalan Allah SWT, dalam rangka mendukung suaminya

3. Fatimah Az zahra
Fatimah Az Zahra yang merupakan putri Rasulullah SAW dan istri dari sahabat Rasulullah SAW, Ali bin Abi Thalib. Ia seorang wanita yang sangat taat kepada orangtuanya. Setelah Ibundanya wafat, Fatimah menggantikan peran Ibunya untuk selalu setia berada di samping Rasulullah SAW. Berjuang membela dakwah ayahnya.

Tak hanya itu, Fatimah juga seorang wanita sabar, cerdas, penuh keimanan dan selalu taat kepada suami. Bahkan kisah cintanya bersama Ali menjadi kisah paling romantis sepanjang sejarah.

4. Asiyah istri firaun
Ia adalah istri dari Firaun dan juga ibu tiri dari Nabi Musa AS. Meski sang suami dikenal sangat kejam bahkan mengaku dirinya sebagai tuhan, Asiyah tetap pada pendiriannya untuk menyembah hanya kepada Allah SWT.
Setelah sekian lama menyembunyikan keimanannya, Aisyahpun mengaku ia beriman.kepada Allah swt. Akibatnya ia disiksa oleh suaminya dipadang pasir.
Karena tak tahan dengan siksaan suaminya, iapun berdoa.
“Ya Allah, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Firaun juga dari segala perbuatannya.” (QS At-Thamrin, 11).

Penderitaan dan keteguhan Asiyah inilah yang akhirnya membuatnya tercatat sebagai wanita mukmin yang dijamin akan ditempatkan di sisi terbaikNya yakni surga

Bunda sholehah, itulah keempat wanita yang dijamin masuk surga oleh Allah SWT. Dari keempat itu  Aisyah dan Maryamlah yang lebih utama dari Khadijah dan Fatimah.
Mengapa? Karena perjuangan mereka lebih berat. Asyiah punya suami yang tidak hanya kejam, ia bahkan mengaku sebagai tuhan. Maryam gadis suci, namun hamil tanpa suami. Sungguh hal yang berat bagi wanita. Menderita lahir dan batin.

Semoga kita bisa mengikuti mereka. Tangguh , tahan menderita, selalu bersikap mulia juga sangat taat kepada Allah SWT.
Aamiin.
Wallahu a’lam bi showab

Farida Nur Aini
(Bidang Dakwah Salimah Surakarta)

◈❂◉❖    Salimah Peduli Perempuan, Anak dan Keluarga Indonesia ❖◉❂◈

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *