Muslimah sebagai Penyeru Kebaikan

Bismillah…

Muslimah memiliki posisi yang sama dengan muslim dalam hal melaksanakan tugas-tugas dakwah dan menyeru kepada kebaikan. Namun perlu difahami hal tersebut tidaklah mudah, diperlukan persiapan yang bisa semakin memudahkan kita dalam menjalankan tugas ini. Apa saja yang perlu dipersiapkan oleh muslimah yang ingin menjalankan fungsinya sebagai penyeru kebaikan? Berikut garis besar beberapa proses yang harus dilakukan
Secara garis besar, berikut ini beberapa proses yang harus dipersiapkan sebagaimana disampaikan Ketua Departemen Pengembangan Wilayah PD Salimah Surakarta, Nur Aida AMd ketika on air di program “Salimah on Radio” bekerjasama dengan RDS FM:

1. Persiapan Spiritual, meliputi:

a. Jelasnya loyalitas/kecintaan (QS Al Maidah; 55)
b. Berhias dengan akhlak yang terpuji (QS At Taubah; 71)
c. Qiyamul lail (QS Al Furqon; 64)
d. Membaca Al Qur’an (QS Yunus; 57)
e. Senantiasa mengingat Allah (QS Al Ahzab; 41)

2. Persiapan Intelektual

a. Pengetahuan keislaman yang mumpuni.
b. Pengetahuan modern kekinian.
c. Pengetahuan kecakapan.

3. Persiapan Fisik.(QS Al Anfal; 60)
a. Olah raga.
b. Makan makanan yang halal dan baik buat kesehatan.

4. Persiapan dana/ materi.

Ini bukanlah segalanya, akan tetapi ia merupakan hal yang diperlukan bagi kelangsungan dakwah, penyeru kebaikan, baik dalam skala individual maupun kolektif. Setiap langkah dakwah tidak terlepas dari hal ini, baik berupa uang yang langsung terlihat maupun berbentuk perbekalan yang tidak kelihatan secara langsung, tidak bisa dipungkiri jika kita keluar rumah membutuhkan ongkos untuk sampai ke tempat tujuan dan sebagainya.
Tak layak menggantungkan harapan hidup dari dakwah dan menjadikan dakwah sebagai sumber mata pencaharian. (QS Asy Syu’ara; 109, 145).

Wallahu ‘aalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *